Pages

Subscribe:

Kamis, 10 November 2011

Sedikit Ilmu Tentang Sepeda FIXIE

Di Australia, "fixed-roda" adalah istilah yang normal untuk subjek dari artikel ini - yang berarti kebalikan dari freewheel, dan "fixed-gear" biasanya mengacu pada sebuah sepeda tunggal kecepatan.


Sepeda tetap gear (atau fixed-roda sepeda, kadang-kadang dikenal sebagai fixie) adalah sepeda yang freewheel tidak, berarti tidak bisa pantai - pedal selalu bergerak saat sepeda bergerak.

Sproket ini kacau atau dibaut langsung ke hub belakang tetap. Ketika ternyata roda belakang, pedal giliran dalam arah yang sama. Hal ini memungkinkan pengendara sepeda untuk berhenti tanpa menggunakan rem, dengan melawan rotasi engkol, dan juga naik secara terbalik.

Sepeda trek adalah bentuk fixed-gear sepeda digunakan untuk bersepeda lagu dalam sebuah Velodrome. Tapi sejak "fixed-gear sepeda" hanyalah sebuah sepeda tanpa freewheel, gigi tetap sepeda dapat hampir semua jenis sepeda. [2]

Secara tradisional, beberapa balap jalanan, pengendara sepeda digunakan klub sepeda fixed-gear untuk pelatihan selama bulan-bulan musim dingin, umumnya menggunakan rasio gigi relatif rendah, diyakini membantu mengembangkan gaya mengayuh yang baik. [3] Di Inggris sampai tahun 1950-an itu umum bagi pengendara untuk menggunakan fixed-gear sepeda untuk uji waktu. The 1959 British 25 km waktu kejuaraan sidang dimenangkan oleh Engers Alf dengan catatan 55 menit kompetisi 11 detik, mengendarai 84 inci tetap gear sepeda. Gear tetap juga umum digunakan, dan terus digunakan dalam akhir balapan mendaki musim bukit di musim gugur. Sebuah klub yang khas laki-laki tetap-peralatan mesin akan telah menjadi "jalan / jalan" atau "jalan / jalur" siklus . Dalam era ketika pembalap paling hanya punya satu siklus, sepeda yang sama ketika dipreteli dan dilengkapi dengan roda balap yang digunakan untuk uji coba waktu jalan dan lintasan balap, dan ketika dipasang dengan mudguards (fender) dan tas, itu digunakan untuk klub berjalan , tur dan latihan musim dingin . Pada tahun 1960, multi-gear derailleurs telah menjadi norma dan naik-gear tetap di jalan menurun selama beberapa dekade mendatang.tahun telah melihat minat dan popularitas meningkat fixed-gear bersepeda.

Di perkotaan Amerika Utara fixed-gear sepeda telah mencapai popularitas yang luar biasa, dengan munculnya dilihat preferensi estetika regional untuk selesai dan detail desain

Dedicated tetap gear sepeda jalan sedang diproduksi dalam jumlah yang lebih besar oleh produsen sepeda didirikan. Mereka umumnya rendah harga dan ditandai oleh geometri jalan santai, yang bertentangan dengan geometri sepeda trek curam.

Fixed-gear sepeda juga digunakan dalam siklus bola, sepeda polo dan bersepeda artistik.

Sepeda tetap gigi sangat cocok untuk berdiri melacak, manuver di mana sepeda dapat diadakan stasioner, seimbang tegak dengan kaki pengendara pada pedal.

Dalam kondisi licin beberapa pengendara lebih memilih untuk naik tetap karena mereka percaya transmisi memberikan umpan balik meningkat pada pegangan ban belakang.

Descending setiap gradien signifikan lebih sulit karena pengendara harus spin engkol pada kecepatan tinggi (kadang-kadang di 170 rpm atau lebih), atau menggunakan rem untuk memperlambat. Beberapa menganggap bahwa spin cepat ditegakkan ketika turun kelenturan atau fleksibilitas meningkat, yang katanya untuk meningkatkan kinerja mengayuh pada semua jenis sepeda.

Riding tetap dianggap oleh beberapa orang untuk mendorong gaya mengayuh lebih efektif, yang diklaim diterjemahkan menjadi efisiensi yang lebih besar dan daya bila digunakan pada sepeda dilengkapi dengan freewheel.

Ketika pertama kali naik gigi tetap, seorang pengendara sepeda yang digunakan untuk freewheel mungkin mencoba untuk freewheel, atau pantai, terutama ketika mendekati tikungan atau hambatan. Karena meluncur tidak mungkin hal ini dapat menyebabkan 'tendangan' ke kaki trailing, dan bahkan hilangnya kontrol dari sepeda.

Riding pada kecepatan tinggi di sekitar sudut bisa sulit untuk pengendara pemula, sebagai pedal bisa menyerang jalan, mengakibatkan kemungkinan kehilangan kontrol.

Sebuah sepeda fixed gear memiliki bagian yang bergerak lebih sedikit dari sepeda multi-gear dan membutuhkan sedikit pemeliharaan.

Beberapa pengendara roda tetap berpikir rem tidak benar-benar diperlukan, dan naik tetap brakeless memiliki status kultus di beberapa daerah. Rem dan kabel mereka mengatakan untuk menambah massal ekstra untuk penampilan sederhana dari sebuah gigi tetap.

Pengendara lain menolak naik di jalan tanpa rem sebagai pura, berdasarkan gambar, bukan kepraktisan Naik brakeless bisa berbahaya, dilarang oleh hukum di banyak yurisdiksi, dan mungkin membahayakan kemungkinan klaim sukses dalam hal suatu. kecelakaan.

Hal ini dimungkinkan untuk memperlambat atau menghentikan sepeda fixed-gear dengan melawan engkol berputar, dan pengendara juga dapat mengunci roda belakang dan skid untuk memperlambat atau berhenti pada sepeda fixed-gear. Langkah tersebut diprakarsai oleh unweighting roda belakang sambil bergerak dengan menggeser berat pengendara sedikit ke depan dan menarik di pedal menggunakan clipless pedal atau klip kaki dan tali. Pengendara kemudian berhenti memutar engkol, sehingga menghentikan roda drivetrain dan belakang, sambil menerapkan berat badan bertentangan dengan rotasi engkol. Hal ini menyebabkan roda belakang selip, dan memperlambat sepeda. Sarad dapat diselenggarakan sampai sepeda berhenti atau sampai pengendara keinginan untuk terus mengayuh lagi di kecepatan yang lebih lambat. Teknik ini membutuhkan sedikit latihan dan menggunakannya saat menikung umumnya dianggap berbahaya. Sebuah permukaan basah lebih jauh mengurangi keefektifan dari metode ini.

Pada setiap sepeda motor hanya dengan roda belakang pengereman, perlambatan maksimum secara signifikan lebih rendah dari pada sepeda yang dilengkapi dengan rem depan [28] Sebagai rem kendaraan, berat ditransfer ke roda depan dan jauh dari roda belakang, penurunan jumlah. pegangan roda belakang memiliki. Mentransfer berat pengendara belakang akan meningkatkan efisiensi pengereman roda belakang, tapi roda depan dilengkapi dengan rem biasa mungkin memberikan 70% atau lebih dari daya pengereman saat pengereman keras (melihat transfer Berat).

Banyak perusahaan menjual frame sepeda yang dirancang khusus untuk digunakan dengan tetap gear hub. Sebuah hub gear tetap atau lagu-sepeda termasuk benang khusus untuk mengencangkan lockring yang berlawanan arah (berlawanan arah jarum jam) dibandingkan dengan gigi itu. Hal ini memastikan bahwa gigi tidak dapat membuka tutup ketika pengendara "backpedals" saat pengereman

Untuk berbagai alasan, banyak pengendara sepeda memilih untuk mengkonversi sepeda ke gigi freewheel tetap. Frame dengan putus horizontal akan mudah untuk mengubah, frame dengan putus vertikal kurang begitu. Salah satu metode adalah dengan hanya mengganti roda belakang dengan roda yang memiliki track / hub tetap. Lain adalah dengan menggunakan hub dirancang untuk digunakan dengan freewheel threaded multi-kecepatan. Seperti hub hanya akan memiliki hak-tangan benang normal untuk gigi dan bukan benang terbalik untuk lockrings digunakan pada jalur / hub tetap. Ada kemungkinan bahwa sproket di hub tanpa lockring akan membuka tutup sementara kembali mengayuh. Bahkan jika lockring braket bawah adalah benang ke hub bersama dengan sproket lagu, karena lockring bawah braket tidak sebaliknya threaded, kemungkinan masih ada yang baik sproket dan locknut dapat melepaskan. Oleh karena itu dianjurkan untuk memiliki kedua rem depan dan belakang pada sepeda fixed-gear menggunakan hub freewheel dikonversi dalam kasus unscrews gigi sementara kembali mengayuh. Hal ini juga dianjurkan untuk menggunakan sealer thread untuk gigi dan lockring bawah braket. Para rotafix (atau "bingkai mencambuk") metode dapat membantu untuk aman menginstal sproket.

Sepeda dengan putus vertikal dan derailleur tidak memerlukan beberapa cara untuk menyesuaikan ketegangan rantai. Kebanyakan sepeda dengan putus horisontal dapat dikencangkan dengan menggerakkan roda maju atau mundur dalam putus. Sepeda dengan putus vertikal juga dapat dikonversi dengan beberapa hardware tambahan. Kemungkinan meliputi:

* Sebuah hub eksentrik atau bottom bracket memungkinkan poros pusat dari atau gelendong bawah pivot dan braket untuk mengubah ketegangan rantai.
* Sebuah "Roh" atau "mengambang" chainring. Sebuah chainring tambahan ditempatkan di drive train antara chainring dan sproket mengemudi. Bagian atas rantai bergerak ke depan dengan kecepatan yang sama bahwa bawah rantai bergerak ke belakang, memberikan penampilan yang mengambang dalam rantai tersebut.
* Sebuah "gigi Magic". Dengan beberapa matematika Anda dapat menghitung rasio gearing agar sesuai rantai tegang antara jebolan belakang dan bottom bracket. Juga, menggunakan link rantai setengah dan sedikit pengajuan putus untuk meningkatkan lebar slot akan meningkatkan kemungkinan menemukan "peralatan ajaib." Perlu dicatat bahwa "gigi ajaib" setup kontroversial, karena meregangkan rantai yang tak terelakkan dan slip selanjutnya yang dapat menyebabkan cedera serius.

Perangkat tensioning rantai yang terpisah seperti jenis yang melekat pada gigi putus gantungan (biasa digunakan pada sepeda gunung single speed) tidak dapat digunakan karena mereka akan rusak secepat bagian bawah rantai menjadi ketat.

Penyesuaian tambahan atau modifikasi mungkin diperlukan untuk memastikan chainline baik. Rantai harus menjalankan langsung dari chainring ke sproket, karena itu keduanya harus jarak yang sama jauh dari sumbu sepeda. Groupsets cocok komponen trek biasanya dirancang untuk memberikan chainline dari 42 mm, tetapi konversi menggunakan jalan atau cranksets sepeda gunung lebih sering menggunakan chainline. Beberapa hub, seperti White Industries 'Eno, atau hub Goldtec lagu Inggris, lebih cocok untuk tugas ini karena mereka memiliki chainline lebih besar dari standar. Kegagalan untuk mencapai chainline baik akan di terbaik menyebabkan rantai berisik dan keausan meningkat, dan paling buruk dapat membuang rantai dari sproket. Hal ini dapat mengakibatkan pembatasan roda belakang dan kerangka hancur jika rantai jatuh antara sproket belakang dan jari-jari. Chainline dapat disesuaikan dalam berbagai cara, yang dapat digunakan dalam kombinasi dengan satu sama lain:

* Mendapatkan bottom bracket dengan panjang spindle yang berbeda, untuk memindahkan chainring yang dlm kapal atau tempel
* Memilih bottom bracket dengan dua lockrings, yang memberikan penyesuaian halus posisi chainring
* Respacing dan redishing roda belakang, jika diizinkan oleh desain hub
* Menempatkan spacer tipis di bawah kanan cangkir itu bottom bracket (Sturmey-Archer membuat 1 / 16 cocok "spacer) untuk memindahkan tempel chainring
* Menempatkan spacer tipis antara chainring dan baut stack untuk memindahkannya dlm kapal (jika chainring adalah pada bagian dalam laba-laba engkol) atau tempel (jika cincin tersebut di luar laba-laba)
* Menempatkan spacer tipis antara bahu hub dan gigi-hanya direkomendasikan dalam kasus hub freewheel-threaded, yang telah cukup dalam untuk ini benang

Mempertahankan gigi tetap relatif mudah karena memiliki bagian-bagian kurang dari sepeda diarahkan. Sproket harus diperiksa secara teratur untuk memastikan tidak ada kerusakan pada setiap gigi dan bahwa objek tidak ada penggilingan sebagai ternyata dengan roda belakang. Chainring harus diperiksa juga untuk kerusakan apapun.

Sangat penting (untuk naik jalan, setidaknya) bahwa rantai cukup ketat sehingga tidak mungkin untuk itu untuk menggagalkan baik dari chainring atau sproket. Ini umumnya setara dengan "tidak kendur terlihat". Sebuah rantai tergelincir dapat menyebabkan berbagai konsekuensi yang tidak diinginkan, seperti roda belakang terkunci atau, yang terburuk dari semua, penghancuran frame jika rantai menjadi tertangkap di sekitar lengan engkol dan menarik ke depan segitiga belakang. Pada sepeda fixed-gear tanpa rem tangan, bahkan penggelinciran relatif jinak berarti kerugian total kemampuan pengereman. Tensioning samping, rantai secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk menggagalkan jika chainline yang akurat dan rantai adalah tradisional "bushing penuh" tipe dengan fleksibilitas lateral terbatas. Karena perbedaan antara ketat dan rantai kendur setara dengan elongasi hanya sangat kecil dari link, ketegangan rantai harus diperiksa secara visual setidaknya seminggu, terutama jika sepeda adalah ditunggangi dalam kondisi basah atau kotor.

Seperti halnya sepeda lain, rantai harus diperiksa memastikan link master aman terkunci. Rantai dapat dilumasi bulanan untuk naik halus. Juga, sesuai kebutuhan, rem harus diperketat karena mereka kenakan dan kondisi ban diamati untuk lokasi tusuk mungkin. Tekanan udara dalam ban, keselarasan ban, rem penempatan menangani, dan karat harus dipantau setiap hari karena mereka dapat berubah sangat mudah selama perjalanan gemuruh.

Gerakan fixed-gear menyebar di seluruh dunia, dan berkembang di Swedia. Landasan masyarakat tetap gear Swedia adalah forum Fixedgear.se berbasis Internet, dengan lebih dari 2342 anggota yang terdaftar. Hal ini membuat untuk tempat pertemuan utama dan forum diskusi untuk Swedia tetap gigi pengendara dan penggemar.

Ada juga beberapa klub sepeda di seluruh Swedia dengan niche tetap gigi. Komet Rouler Club adalah sebuah klub yang berbasis di Gothenburg, setiap tahunnya mengatur legendaris alleycatt Svart Katt dan berbagai peralatan lainnya tetap-kegiatan yang berorientasi. Svart Katt telah diakui secara internasional dan dianggap kucing gang terbesar di Swedia dengan jumlah participators, menurut Cog Majalah [45] setara KCR dalam. Malmö disebut Pista Malmo, mengatur "rides Kamis" setiap hari Kamis, untuk semua sepeda dan pengendara.

Popularitas faktor

Orang mungkin heran apa yang menyebabkan ini booming terbaru dalam fixie pengendara. Seorang pengendara dari Stockholm diwawancarai untuk sebuah artikel tentang catatan fenomena yang naik sepeda menanamkan perasaan kebebasan untuk pengendara. Anda bebas pergi ke mana pun Anda inginkan, kapanpun Anda inginkan. Sebuah rasa juga penting, seperti pengendara mengatakan, "semua orang bahwa sepeda adalah teman saya". Penunggang tidak diketahui satu sama lain sering saling menyapa ketika di sepeda. Seperti di banyak subkultur, ini rasa memiliki merupakan faktor kunci dalam merekrut dan mempertahankan peserta.

Kenyataan bahwa banyak pengendara fixie naik brakeless bertentangan hukum lokal juga bisa dilihat sebagai faktor yang berkontribusi terhadap popularitasnya di kalangan orang yang kurang cerdas. Ada unsur putih kelas menengah pemberontakan terhadap pembentukan melalui berkuda tanpa rem, pemberontakan nyaman berukuran kecil.
(Berbagai Sumber)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar