Pages

Subscribe:

Sabtu, 12 November 2011

Resensi Buku : Nasional.Is.Me

TEMUKAN PASSION, BERKARYA UNTUK BANGSA

Judul : Nasional.Is.Me
Penerbit : Bentang
Penulis : Pandji Pragiwaksono
Kategori : Psikologi Populer
Tebal : xiv + 330 Halaman

Indonesia, sebuah negara yang konon katanya tengah kusut masai lantaran begitu banyak persoalan yang tak kunjung terselesaikan. Mulai dari masalah korupsi yang begitu menggurita hingga masalah kerukunan umat beragama yang sepertinya hanya tinggal retorika semata. Tidak heran jika belakangan banyak orang yang pesimis dengan Indonesia. Apalagi generasi mudanya.

Pandji Pragiwaksono, seorang pemuda multitalenta, kemudian memiliki kesimpulan mengapa banyak orang yang kian pesimis dengan negeri ini. Menurutnya, mereka yang pesimis tersebut hanya tahu dari sekedar pemberitaan negatif di media massa. Padahal, banyak hal yang bisa membuat kita bangga untuk mencintai negeri ini.

Menurut Pandji, ada tiga cara melakukan hal-hal hebat untuk kebaikan Indonesia. Yang akan menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang hebat, yaitu kenali Indonesia-mu, temukan passion-mu dan berkaryalah untuk masa depan bangsamu.

Tentunya ketiga poin di atas membutuhkan jiwa petualang. Jiwa yang berani memasuki area baru dalam kehidupannya. Jiwa yang tidak akan membiarkan kesalahan membatasi niat untuk maju ke arah selanjutnya. Serta jiwa yang mau untuk berjuang dan mencari menang.

Satu hal yang membuat buku ini menjadi begitu menarik adalah semangat yang dipancarkan oleh sang penulis. Semangat nasionalisme yang tidak buta atau sempit. Semangat nasionalisme yang kritis. Semangat nasionalisme yang ditujukan pada hal-hal yang positif.

Di buku setebal 330 halaman ini, Pandji bercerita bagaimana wawasan dirinya tentang Indonesia. Pekerjaannya yang membawa dia berkeliling Indonesia, akan menambah wawasan pembaca tentang sisi lain dari nusantara. Mulai dari kota Padang, Belitung, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Manado, Makassar, Kupang, Bali, hingga Jayapura. Hal ini ia ceritakan pada bab dari Sabang sampai Merauke.

Menurutnya banyak hal yang terjadi di Indonesia. Yang tidak bisa diliput dan diungkapkan semuanya oleh media. Didukung dengan panorama seantero nusantara yang keindahannya tidak diragukan lagi. Indonesia menjadi sebuah negara yang maju dalam berbagai hal.

Bab Nasional.Is.Me juga tak kalah menarik. Membahas aksi nyata yang dilakukan anak-anak muda yang sangat inspiratif. Mulai dari #Bolbal kaos, #Indonesia Bertindak, #Coin a Chance hingga C3, Community for Children with Cancer.

Diakhir tulisannya, host program Provocative Proactive di salah satu stasiun televisi swasta nasional ini menuturkan, jika tujuannya menulis buku ini sebagai sebuah ajakan. Ajakan untuk mengubah Indonesia. Usaha ini, bukan untuk dirasakan hasilnya hari ini, melainkan untuk masa depan. Kita semua, tidak akan sempat melihat masa depan itu. Tetapi anak-anak kita yang akan melihatnya. Tugas kita adalah memastikan bahwa anak-anak kita punya sesuatu yang indah untuk dilihat, di masa depan.

Buku ini awalnya hadir dalam bentuk ebook dan bisa diunduh gratis di situs pribadinya. Didukung oleh Putra Sampoerna Foundation, membuat buku ini dapat hadir dalam versi cetak. So, siapa pun yang membaca buku ini, semoga isinya bisa mengembalikan kecintaan kita terhadap Indonesia. Melahirkan optimisme untuk Indonesia, dan kelak akan memicu perubahan yang baik untuk tanah air kita. Hiduplah Indonesia Raya !!

Sumber : http://fandagri.blogdetik.com/resensi-buku-nasionalisme/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar